Peningkatan permintaan pada tanaman anggrek membuat usaha pada bidang ini mengalami perkembangan. Perkembangan usaha pada sektor tanaman anggrek menyebabkan persaingan yang ketat diantara pelaku usahanya, serta menyebabkan pelanggan menjadi lebih selektif dalam memilih produk. Maka dari itu, penting untuk mempelajari kepuasan serta loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis tingkat loyalitas pelanggan di Titi Orchids Yogyakarta; 2) Menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas produk, kualitas pelayanan, dan hargaterhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Titi Orchids Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengambilan responden dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 responden. Kriteria responden yang digunakan yakni telah melakukan pembelian anggrek di Titi Orchids minimal 2 kali untuk dikonsumsi sendiri dan pelanggan berada pada usia produktif 15 - 64 tahun. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi Analisis Deskriptifdan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat loyalitas pelanggan di Titi Orchids berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 79,80%; 2) Kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening mempengaruhi loyalitas pelanggan di Titi Orchids baik secara langsung maupun secara tidak langsung.
Copyrights © 2022