Rasulullah membekali Al-Quran dan Hadist kepada umat manusia sebagai pedoman hidup yang menuntun ke jalan yang baik dan benar. Al-Quran merupakan kitab suci yang mengandung ilmu yang wajib diberikan kepada anak terlebih dahulu. Memperkenalkan Al-Quran kepada anak harus dilakukan sejak berusia dini agar tumbuh sesuai dengan fitranya. Namun, sebelum Al-Quran dijadikan sebagai pedoman hidup maka langkah awal yang dilakukan adalah bagaimana membaca Al-Quran yang baik dan benar. Berdasarkan wawancara dengan Ketua Lembaga Pengambangan Tilahwatil Qur’an (LPTQ) kecamatan Pekanbaru Kota mengatakan persentase siswa Sekolah Dasar (SD), Madrasyah Diniyah Awaliyah (MDA) dan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) yang dapat membaca Al-Quran sampai ketingkat Tajwid hanya 40%. Penelitian ini bertujuan untuk meilhat faktor yang mempengaruhi terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa Sekolah Dasar (SD). Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik association rule algoritma FP-Growth. “Data yang digunakan merupakan data sekunder yang terdiri dari” 19 atribut dengan 214 record data. Hasil rule yang ditemukan dari penelitian ini sebanyak 163 rule “dengan menggunakan nilai minimum support” 30% dan “nilai minimum confidence” 50%. Hasil dari perhitungan ini hanya mengambil item makhroj, Panjang pendek dan tajwid. Dan menghasilkan rule dengan kombinasi 2 “itemset dengan nilai support dan confidence tertinggi adalah kombinasi jika Panjang Pendek buruk maka Makhroj Buruk dengan nilai support 66%, nilai confidence 99% dan nilai lift ratio” 1.47125
Copyrights © 2022