Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi
Vol 23, No 1 (2022): Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi

Analisis Strategi Pemasaran Abon Lele Berdasarkan Siklus Hidup Produk Di Poklahsar Sari Mina Sempu Pakembinangun Pakem Sleman

Lintang Berlyana Kusumawardhani (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)
Indah Widowati (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)
Antik Suprihanti (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis posisi produk abon lele pada siklus hidup produk dan mengetahui bauran pemasaran (4P) yang diterapkan dalam kegiatan pemasaran abon lele di Poklahsar Sari Mina, menganalisis strategi alternatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan daya saing Poklahsar Sari Mina. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan metode pelaksanaan penelitian studi kasus. Metode pengambilan responden yang digunakan yaitu metode purposive dengan jumlah lima orang. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan focus group discussion (FGD). Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode Polli&Cook, Internal Factor Evaluation (IFE), Eksternal Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal-Eksternal (IE), Grand Strategy Matrix, Matriks SPACE (Strategic Position and Action Evaluation), dan Matriks Perencanaan Strategis Kuantitatif (QSPM). Hasil penelitian diketahui bahwa: produk abon lele Poklahsar Sari Mina pada siklus hidup produk saat ini berada pada fase kedewasaan, dan bauran pemasaran yang diterapkan meliputi aspek product (produk), aspek price (harga),  aspek place (saluran distribusi), dan aspek promotion (promosi), dan prioritas strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan daya saing Poklahsar Sari Mina yaitu penetrasi pasar.Kata kunci: pemasaran, siklus hidup produk, strategi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdse

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Manajemen Agribisnis Manajemen Keuangan Manajemen Usahatani Manajemen Risiko Manajemen Pemasaran Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Strategik Agribisnis Manajemen Produksi Pertanian Bisnis Internasional Ekonomi Internasional Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan Ekonomi Produksi Pertanian ...