DIDASKALIA : Jurnal Pendidikan Agama Kristen
Vol. 3 No. 1 (2022): Pendidikan Agama Kristen

Implikasi Model Pembelajaran Konstruktivisme dengan Pendidikan Agama Kristen

Johanes Kornelius (Universitas Kristen Indonesia)
Renny Maria (Sekolah Tinggi Teologi Bethel Medan)
Agustinus Manullang (Sekolah Tinggi Teologi Siloam Medan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tulisan ini merupakan kajian terhadap model pembelajaran konstruktivisme sebagai alternatif dalam mengembangkan pembelajaran PAK yang selama ini bersifat monoton yang cendrung indoktrinatif dimana siswa menjadi pasif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskristif dengan pendekatan studi kepustakaan. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan data yang relevan dengan topik yang sedang dibahas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa; (1) peserta didik dapat mengkonstruksi serta mengintegrasikan PAK dalam pengalaman mereka; (2) PAK menjadi lebih relevan dan bermakna dalam kehidupan peserta didik; (3) siswa dapat saling berdiskusi; (4) siswa menjadi peserta didik yang aktif; (5) siswa datang kesekolah dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan dimana siswa menjadi umat Allah yang beriman bukan hanya hasil doktrinasi semata, malainkan menjadi umat Allah memahami apa yang mereka imani serta dapat mengaplikasikannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaskalia

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal Pendidikan Agama Kristen yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado berisi hasil kajian ilmiah dan penelitian di bidang ilmu Pendidikan Agama ...