Tulisan ini merupakan kajian terhadap model pembelajaran konstruktivisme sebagai alternatif dalam mengembangkan pembelajaran PAK yang selama ini bersifat monoton yang cendrung indoktrinatif dimana siswa menjadi pasif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskristif dengan pendekatan studi kepustakaan. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan data yang relevan dengan topik yang sedang dibahas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa; (1) peserta didik dapat mengkonstruksi serta mengintegrasikan PAK dalam pengalaman mereka; (2) PAK menjadi lebih relevan dan bermakna dalam kehidupan peserta didik; (3) siswa dapat saling berdiskusi; (4) siswa menjadi peserta didik yang aktif; (5) siswa datang kesekolah dengan berbagai pengetahuan dan pengalaman. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan dimana siswa menjadi umat Allah yang beriman bukan hanya hasil doktrinasi semata, malainkan menjadi umat Allah memahami apa yang mereka imani serta dapat mengaplikasikannya.
Copyrights © 2022