Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami, mengamati dan mendeskripsikan penerapan konsep manajemen rantai pasok halal di Indonesia khususnya pada kosmetik lokal, serta untuk mengetahui tingkat kesadaran masyarakat Indonesia tentang penggunaan produk halal. Pentingnya rantai pasok halal merupakan kebutuhan dan kewajiban seorang muslim sebagai wujud syariat seorang muslim sebagai hamba Tuhannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan rantai pasok halal di Indonesia, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekan deskriptif yang pengumpulan datanya dilakukan dari dokumentasi, studi kepustakaan, dan web resmi yang terkait dalam penelitian. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang diterapkan PT Paragon Technology & Innovation (PTI) yang menaungi brand Wardah yang tentunya karena ketetapannya dari hulu menuju hilir yang sesuai dengan syariat islam serta beberapa faktor seperti Kandungan yang ada dalam produk, manfaat yang didapatkan, brand ambasador yang terpercaya, melakukan sertifikasi halal dan memenuhi syarat sehingga mendapatkan label halal, tren produk halal, pengaruh pribadi, sosial dan banyak hal. Sehingga dapat memberikan pertimbangan kepada masyarakat untuk tetap memilih produk halal dan meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya muslim bahwa menggunakan dan mengkonsumsi suatu produk yang halal sangat dianjurkan dalam islam.
Copyrights © 2022