Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2 Nomor 2, Juni 2022

ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF PADA AKUN INSTAGRAM @ZEROWASTE.ID_OFFICIAL DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN

Raden Tasya Athiyyah Goesda (UIN Sumatera Utara Medan)
Hasan Sazali (UIN Sumatera Utara)
Abdul Rasyid (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Melalui media Instagram ini, Zero Waste Indonesia sebagai komunitas berbasis online membagikan pesan-pesan pelestarian lingkungan. Dari hal tersebut penulis tertarik untuk meneliti adanya komunikasi persuasif dalam pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh Zero Waste Indonesia. Dalam skripsi ini penulis menyajikan pembahasan meliputi: pertama, Bagaimana isi postingan Instagram @zerowaste.id_official di Bulan September-Oktober Tahun 2020. Kedua, Bagaimana penerapan metode Komunikasi Persuasif pada postingan Instagram @zerowaste.id_official di Bulan September-Oktober Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan teknis penggalian data menggunakan dokumentasi. Teknis pengolahan data dengan analisis isi. Dari hasil analisa data dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pertama, isi postingan instagram @zerowaste.id_official di Bulan September-Oktober Tahun 2020 antara lain berisi tentang gaya hidup minim sampah, bisnis ramah lingkungan, kampanye habiskan makananmu, DIY, Perubahan iklim, fenomena kelaparan, dan kampanye tukar baju. Kedua, Metode komunikasi persuasif yang digunakan oleh Zero Waste meliputi metode partisipasi, metode asosiasi, metode icing device, metide payy-off idea, dan metode fear arrousing. Namun, kebanyakan dari metode yang digunakan adalah teknik icing device. Dari situ menunjukan adanya pendekatan emosional dari caption juga foto. Kata Kunci: Analisis Isi, Komunikasi Persuasif, Zero Waste Indonesia, Instagram.   ABSTRACT       Through this Instagram media, Zero Waste Indonesia as an online-based community shares messages on environmental conservation. From this, the author is interested in researching the existence of persuasive communication in environmental conservation carried out by Zero Waste Indonesia. In this thesis the author presents a discussion including: first, how the contents of @zerowaste.id_official Instagram posts in September-October 2020. Second, how to apply the Persuasive Communication method to @zerowaste.id_official Instagram posts in September-October 2020. This research is a qualitative research. While the technical data mining using documentation. Technical data processing with content analysis. From the results of data analysis and research results, it can be concluded that: first, the contents of @zerowaste.id_official's Instagram posts in September-October 2020 include, among other things, a minimal waste lifestyle, environmentally friendly business, spend your food campaign, DIY, climate change, phenomena famine, and a change of clothes campaign. Second, the persuasive communication method used by Zero Waste includes the participation method, the association method, the icing device method, the payy-off idea method, and the fear arousing method. However, most of the methods used are icing device techniques. From there, it shows an emotional approach from captions and photos. Keywords: Content Analysis, Persuasive Communication, Zero Waste Indonesia, Instagram.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...