Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2 Nomor 2, Juni 2022

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMIC COVID-19

Regi Utami Nasution (UIN Sumatera Utara)
Shalsa Sakila (UIN Sumatera Utara)
Sindi (UIN Sumatera Utara)
Yusril Mahendra (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Pada saat penelitian ini belangsung tujuan utama adalah untuk mengetahui belajar online yang terjadi di masa pandemic, dan penelitian ini dilakukan di SMP al- wasliyah No.42 Berastagi. Dalam penelitian ini metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif yang bersifat deskriptif yang artinya penelitia ini mengarah kepada teknik mengumpulkan data melalui sebuah kusioner, wawancara, dan menyebarkan sebuah angket. Jumlah informan yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 siswa dan siswi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini  meliputi : pengumpulan data, pengumpulan data yang kami lakukan dengan melakukan tahap penilaian skor jawaban dari hasil pertanyaan angket dan di lakukan uji statistik deskriptif. Berdasarkan hasil temuan penelitian dilapangan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan  sangat mempengaruhi minat belajar siswa dan juga  interaksi sosial antara guru dan siswa menjadi masalah yang hampir menyulitkan siswa untuk  melaksanakanya. Keluar diskusi dan masalah ekonomi sangat mempengaruhi pembelajaran online.   Kata Kunci : Pembelajaran daring, Minat Belajar ABSTRACT       This study aims to determine the effect of online learning during the COVID-19 pandemic at Al-Wasliyah Middle School No.42 Berastagi. The method used in this study is a descriptive quantitative method, which means this research refers to data collection techniques through questionnaires, interviews and questionnaires. The number of informants taken in this study were 25 students. Data analysis techniques used in this study include: data collection, data collection that we did by conducting the assessment stage of the answer scores from the results of the questionnaire questions and descriptive statistical tests were carried out. Based on the results of research findings in the field, it can be concluded that the learning process carried out greatly affects students' interest in learning and also social interaction between teachers and students becomes a problem that almost makes it difficult for students to implement it. Exit discussions and economic issues greatly affect online learning. Keyword : Online Learning, Interest to Learn.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...