Jurnal Administrasi Bisnis (J-Adbis)
Vol. 2 No. 1 (2022): Mei 2022

ANALISIS SISTEM PENGADAAN BARANG DALAM RANGKA SISTEM PENGENDALIAN INTERN (STUDI KASUS : PT LINTAS NUSANTARA PERDANA)

Vina Islami (Unknown)
Rima Oktaviani (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2022

Abstract

Perusahaan logistik memerlukan proses pengiriman barang yang harus efektif. Proses pengiriman barang/jasa sebaiknya mempunyai sistem yang baik untuk mendukung seluruh kegiatan produksi yang dilakukan perusahaan. Perusahaan harus memperhatikan setiap proses pengiriman barang/jasa tersebut sebaiknya terdapat pengendalian intern untuk mengarahkan, mengawasi dan mengukur sumberdaya suatu organisasi serta mencegah dan menemukan ketidaksesuain prosedur. Permasalahan yang terjadi pada perusahaan, sistem pengiriman barang dan jasa pada PT Lintas Nusantara Persada belum cukup menjadi pengendali internal bagi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis data deskriptif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem pengiriman barang/jasa dan pengendalian intern yang tepat dan bisa digunakan pada PT Lintas Nusantara Perdana. Hasil penelitian PT Lintas Nusanatara Perdana dalam pengiriman barang mempuyai 3 metode dalam pengiriman barang yaitu: Cash, Credit, Cod disetiap pembayaran mempunyai alur pengiriman barang yang sama hanya saja metode pembayaran yang berbeda. Unsur pengendalian intern pengiriman Barang/Jasa pada PT Lintas Nusantara Persada. Struktur organisasi dan prosedur pencatatan dalam pengiriman barang; Sistem otorisasi dan prosedur pencatatan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur pengiriman barang/jasa yang ada pada PT. Lintas Nusantara Perdana.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Administrasi Bisnis pertama publikasi tahun 2021 dengan ISSN (Elektronik) No 2776-2807 dari LIPI Indonesia Jurnal Administrasi Bisnis merupakan jurnal yang berisi hasil pemikiran atau penelitian pada bidang Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen ...