Journal Automation Computer Information System (JACIS)
Vol. 2 No. 1 (2022): Mei

Penerapan Fuzzy – Service Quality Terhadap Tingkat Kepuasan Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan

Prabowo, Tito (Unknown)
Machfud, Imam (Unknown)
Lestari, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Peserta BPJS Ketenagakerjaan pastinya menginginkan kualitas pelayanan yang maksimal. Oleh sebab itu, perlu suatu pengukuran tingkat kepuasan terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan. Metode pengolahan data menggunakan Fuzzy – Service Quality dengan menghitung nilai fuzzikasi dan defuzzikasi. Hasil akhir yang diperoleh nantinya akan membantu pihak BPJS Ketenagakerjaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Dari hasil pengolahan data dapat terlihat bahwa gap terbesar dan perlu adanya evaluasi yaitu gap dengan nilai terbesar yaitu dimensi Assurance dengan kode D1, D2, D3, D4 dan Reability dengan kode B1, B3, B4, B6. Berdasarkan hasil perhitungan Gap secara keseluruhan menunjukkan bahwa nilai Gap positif yaitu layanan yang diterima peserta BPJS Ketenegakerjaan sesuai dengan harapan peserta

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jacis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

JACIS: Journal Automation Computer Information System is officially registered in the Centre for Data and Scientific Documentation (PDDI), Indonesia Institute of Science with ISSN Number 2797-8443 (online). JACIS: Journal Automation Computer Information System is published twice, in May and ...