Mengajar BIPA tentunya jauh berbeda dengan mengajar Bahasa Indonesia. Calon pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) tingkat pemula harus dibekali pemahaman dasar tentang strategi pengajaran BIPA baik itu untuk kelas luring maupun kelas daring (kedaring). Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana strategi pengajaran BIPA bagi calon pengajar BIPA yang memang belum memiliki pengalaman dalam hal ke-BIPA-an. Sebanyak 30 dosen yang mengikuti Bimtek dari 8 lembaga menjadi responden. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan google form dalam bentuk kuesioner. Dalam Bimtek yang diadakan oleh Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT) yang bekerja sama dengan APPBIPA Cabang Jawa Timur, calon pengajar BIPA juga melakukan praktik baik dalam penggunaan moda aplikasi antara lain: whiteboard, wordwall, storyjumper, tik tok, padlet, canva, voice spice recorder, dan mentimeter. Dengan demikian, strategi pengajaran BIPA dengan metode moda aplikasi yang digunakan untuk kedaring akan lebih efektif.
Copyrights © 2022