Penelitian ini menunjukkan perilaku toleransi siswa di sekolah dasar, penelitian ini memperoleh hasil bahwa perilaku toleransi siswa di sekolah dasar mendapat angka yang diambil dari angket sebesar 86,1persen. Dengan memberikan pembiasaan kegiatan toleran antar siswa dengan membuka diskusi bersama tentang materi yang diajarkan, guru memimpin sebagai moderator untuk memandu diskusi antar kelompok yang telah dibuat dalam satu kelas, guru juga menyampaikan aturan-aturan dalam diskusi yang harus dilakukan. dipatuhi, termasuk mengangkat tangan terlebih dahulu. sebelum memberikan pendapat dan mendengarkan terlebih dahulu teman yang menyampaikan pendapat. Dengan ini, siswa mendapatkan pembelajaran untuk saling menghargai pendapat di kelas ketika teman antar kelompok menyampaikan pendapat. Penelitian tentang perilaku toleransi di sekolah dasar ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket, dengan fokus pada bagaimana guru memberikan pembiasaan perilaku toleransi dalam pembelajaran IPS. Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh data secara lisan dari guru kelas mengenal perilaku toleransi di SD, sedangkan teknik angket digunakan untuk mengukur seberapa kuat siswa berperilaku toleran di SD dengan mengajukan 15 pertanyaan tentang toleransi antar teman, guru dan masyarakat luas. lingkungan. Hasil angket yang diambil merupakan jawaban dari 5 siswa yang dianggap dapat mewakili jawaban seluruh siswa.
Copyrights © 2022