Pentingnya penggunaan multimedia dalam pembelajaran mempengaruhi proses pembentukan minat dan perhatian siswa selama pembelajaran. terciptanya pembelajaran yang aktif dan menyenangkan memberikan kontribusi terhadap pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Hal ini tentunya menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya adalah hasil belajar siswa. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan multimedia interaktif dan di kelas yang tidak menggunakan multimedia interaktif. aspek hasil belajar yang diukur adalah aspek kognitif pada taraf C1 (mengingat), C2 (memahami) dan C3 (menerapkan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-experimental design non equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa dari pretest ke posttest. pada kelas yang menggunakan multimedia interaktif rata-rata skor hasil belajar meningkat sebesar 57,54 persen dan pada kelas yang tidak menggunakan multimedia interaktif rata-rata skor hasil belajar meningkat sebesar 14,59 persen. dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa berbasis multimedia interaktif berbasis powerpoint terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.
Copyrights © 2022