Kesulitan siswa menentukan ide pokok paragraf dalam teks naratif, ada beberapa faktor yaitu kurangnya minat baca siswa, tidak memahami isi paragraf, kurang memahami makna ide pokok, kurang kosakata, perlu waktu untuk membaca dan memahami teks naratif, terbatasnya waktu dalam memahami teks karena bahasanya sulit dipahami. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Soal tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda berjumlah 10 soal, sedangkan untuk wawancara ada 5 soal. Hasil tes dari 36 siswa yang mengerjakan soal tes dan dianalisis oleh peneliti, terdapat 10 siswa yang kesulitan menentukan ide pokok paragraf yang terlihat dari jawaban 10 siswa tersebut masih banyak terdapat kesalahan dalam menjawab soal. pertanyaan yang diberikan oleh peneliti, dan hasil wawancara dengan 2 siswa ada beberapa faktor yang dialami siswa dalam menentukan ide pokok sebuah paragraf dalam sebuah teks naratif, mereka belum menguasai materi ide pokok sebuah paragraf, kurangnya minat membaca, kurang aktif selama pembelajaran sehingga tidak memahami materi gagasan utama, sulit berkonsentrasi selama pembelajaran, tidak memahami tata letak paragraf gagasan utama dalam setiap teks bacaan, beberapa siswa memahami apa yang dimaksud dengan gagasan utama paragraf tetapi mengalami kesulitan dalam menentukan gagasan utama paragraf.
Copyrights © 2022