Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil kemampuan kognitif siswa pada siswa sekolah dasar kelas 4. Rendahnya hasil kemampuan kognitif siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru serta media pembelajaran yang digunakan masih terbatas yaitu menggunakan buku siswa dan siswa hanya diminta untuk mengerjakan tugas yang ada di dalam buku siswa tersebut sehingga pembelajaran tidak menarik dan cenderung membosankan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh multimedia berbasis flash materi perjuangan para pahlawan terhadap kemampuan kognitif pada tema 5. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dalam bentuk nonequivalent pre-test-postest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SD. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efektivitas multimedia berbasis flash materi perjuangan para pahlawan terhadap kemampuan kognitif siswa kelas 4 SD. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata hasil kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Copyrights © 2022