Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP)
Vol. 4 (2022): Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) Ke 4 Tahun 2022

Efektivitas Strategi Pembelajaran Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Mir’atus Sholihah (Universitas PGRI AdiBuana Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas model pembelajaran self regulated learning terhadap kemampuan literasi pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Rendahnya kemampuan literasi siswa pada proses pembelajaran juga terdapa dari beberapa faktor salah satunya model pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektifan model pembelajaran self regulated learning terhadap kemampuan literasi pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design tipe Post-test. Populasinya adalah 20 siswa masing-masing kelas III-A (kelas eksperimen) dan III-B (kelas Kontrol). Penelitian ini temasuk eksprimen dengan diperolah data penlitian meggunakan metode tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Kuantitatif dengan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil kemampuan literasi siswaa kelas eksperiman dengan kelas control. Hal ini menunjukkan adanya kefektifan strategi pembelajaran self regulated learning terhadap kemampuan literasi pada siswa kelas III Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snhrp

Publisher

Subject

Other

Description

Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP) merupakan salah satu ajang mempertemukan para peneliti disemua bidang pada tingkat nasional. Tujuan diadakan kegiatan ini agar peneliti akan mampu mengembangkan jaringan sosial, bertukar pengetahuan dan membangun jaringan yang kuat antara komunitas ...