Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas model pembelajaran self regulated learning terhadap kemampuan literasi pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Rendahnya kemampuan literasi siswa pada proses pembelajaran juga terdapa dari beberapa faktor salah satunya model pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektifan model pembelajaran self regulated learning terhadap kemampuan literasi pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design tipe Post-test. Populasinya adalah 20 siswa masing-masing kelas III-A (kelas eksperimen) dan III-B (kelas Kontrol). Penelitian ini temasuk eksprimen dengan diperolah data penlitian meggunakan metode tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Kuantitatif dengan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil kemampuan literasi siswaa kelas eksperiman dengan kelas control. Hal ini menunjukkan adanya kefektifan strategi pembelajaran self regulated learning terhadap kemampuan literasi pada siswa kelas III Sekolah Dasar.
Copyrights © 2022