Video animasi cerita rakyat sebagai media digunakan dalam penelitian karena video ini dapat digunakan untuk memudahkan siswa dalam memahami cerita serta menarik minat dan perhatian siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penggunaan media video animasi terhadap keterampilan yang berkaitan dengan sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi-Experiment Design dengan menggunakan desain pretest-posttest control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Sedati Gede II Sidoarjo dengan sampel seluruh kelas III. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes keterampilan bercerita. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil independent sample test menunjukkan bahwa hasil penelitian t-hitung yang diperoleh adalah (8,336) sedangkan t-tabel yang diperoleh (0,000) menunjukkan bahwa terdapat keefektifan yang signifikan dalam penggunaan media video animasi pada cerita cerita siswa pemberitaan.
Copyrights © 2022