Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN PANIC BUYING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Wahyu Setiawan (Universitas Kristen Duta Wacana)
Ety Istriani (Universitas Kristen Duta Wacana)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari electronic word of mouth dan panic buying terhadap keputusan pembelian di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan purposive sampling menggunakan google form. Analisis dilakukan menggunakan regresi linear berganda, koefisien regresi, uji t, dan uji f. Responden merupakan masyarakat di Yogyakarta yang melakukan keputusan pembelian pada masa pandemi covid-19. Hasil menunjukkan electronic word of mouth dan panic buying berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen secara signifikan dan positif, baik secara parsial maupun simultan sehingga seluruh hipotesis terdukung.Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Panic Buying, Keputusan Pembelian, Pandemi Covid-19ABSTRACTThis study aims to determine the effect of electronic word of mouth and panic buying on purchasing decisions in Yogyakarta. The data collection technique was purposive sampling using google form. The analysis was performed using multiple linear regression, regression coefficient, t test, and f test. Respondents are people in Yogyakarta who make purchasing decisions during the COVID-19 pandemic. The results show that electronic word of mouth and panic buying have a significant and positive effect on consumer purchasing decisions, both partially and simultaneously so that all hypotheses are supported. Keyword: Electronic Word of Mouth, Panic Buying, Purchase Decision, Covid-19 Pandemic

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Focus and Scope Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (p-ISSN: 1907-7343; e-ISSN: 2714-7312) adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana yang terbit dua kali setahun (Juli dan Desember). Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana untuk berbagi dan diseminasi ...