Latar Belakang: Pengembangan media promosi gizi dengan huruf braille menjadi hal yang sangat penting dalam menunjang pembelajaran siswa tunanetra. Media promosi dengan huruf braille mungkin sangat mendukung kemampuan teknis yang memungkinkan siswa tunanetra membantu mengatasi hambatan akibat kebutaan dan mungkin sangat bermanfaat dalam upaya pembelajaran bagi penyandang tunanetra. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media promosi gizi dengan huruf braille bagi penyandang tunanetra. Metode: Artikel yang disajikan dalam bentuk literature review, pemilihan literatur menggunakan mesin pencarian Google Scholar. Kata kunci yang digunakan adalah “gizi”, “braille” dan “tunanetra”. Pencarian literatur dilakukan pada artikel berbahasa Indonesia yang diterbitkan dalam rentan waktu mulai dari 2012 - 2022. Hasil: Terdapat pengaruh penggunaan media promosi gizi dengan huruf braille bagi penyandang tunanetra. Pemanfaatan media dengan huruf braille sebagai pengganti huruf latin dalam sistem pembelajaran dapat mendorong minat, meningkatkan inspirasi dan menghidupkan pembelajaran bagi siswa tunanetra. Keefektifan pembelajaran melalui media dengan huruf braille meningkatkan motivasi belajar siswa, merespon stimulus belajar, meningkatkan kepercayaan diri, secara umum mereka lebih kreatif dan tidak kalah dengan anak normal umumnya. Kesimpulan: Pemberian edukasi gizi melalui media promosi gizi dengan huruf braille secara efektif memberikan pengaruh bagi penyandang tunanetra.
Copyrights © 2022