JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN MANAJEMEN
Vol 18 No 1 (2022): Vol 18 No 1 (2022)

Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19

Eri Bukhari (Univeritas Bhayangkara Jakarta Raya)
Ery Teguh Prasetyo (Univeritas Bhayangkara Jakarta Raya)
Sri Utami Ulfa Rahma (Univeritas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

Pandemi Covid 19 menyebabkan Era Industri 4.0 menjadi lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya dimana kondisi ini mengharuskan seseorang untuk melakukan ‘social distancing’ termasuk dalam melakukan transaksi bisnis. Kondisi ini berdampak kepada semua kalangan termasuk generasi milenial. Salah satu ciri generasi milenial adalah mereka umumnya sangat paham dengan dunia digital, dan bisa dikatakan mereka adalah pengguna terbesar media social, namun disisi lain dari segala  kemudahan dalam transaksi digital ini memunculkan sifat konsumtif dari beberapa generasi milenial. Fenomena   munculnya belanja online merupakan perubahan perilaku belanja atau gaya hidup pada kalangan generasi milenial.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19, khususnya di Kaliabang Tengah Kota Bekasi Metodologi yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner dan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 90 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial Literasi Keuangan berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online, (2) secara parsial Pendapatan berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online, (3) secara parsial Gaya Hidup berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online, (4) secara simultan Literasi Keuangan, Pendapatan dan Gaya Hidup berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Konsuntif Belanja Online.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIAM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan hasil karya ilmiah baik secara teori dan empiris dari bidang ilmu Akuntansi dan Manajemen yang mendukung pembangunan nasional ekonomi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen menyajikan tulisan-tulisan ilmiah ...