Jurnal Esensi Infokom: Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer
Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer Vol 6

Penerapan Metode Agile Process dengan Model Extreme Programming Dalam Pembuatan Game RPG “The Realm of Unknown” Menggunakan MV RPG Maker

Susi Widayati (Unknown)
Yudi Irawan Chandra (Unknown)
Diyah Ruri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2022

Abstract

Game memiliki berbagai genre, mulai dari First Person Shooter (FPS), Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), Role Playing Game (RPG) dan masih banyak lagi. Tulisan ini bertujuan untuk membuat sebuah game bergenre RPG yang diharapkan dapat menghibur para pemain khususnya remaja dan segala usia pada umumnya dari rasa bosan yang dirasakan dan meningkatnya minat bermain game bergenre RPG. Game ini telah diuji melalui dua tahap, yaitu pengujian fungsional dan pengujian perangkat. Pada pengujian Fungsional, hasilnya sebagian besar tombol dapat digunakan dengan baik, sedangkan pada Pengujian Perangkat pada lima Perangkat, di mana tiga berjalan dengan sangat baik, satu berjalan stabil, dan satu memiliki masalah tetapi masih dapat menyelesaikan permainan. Metode Agile merupakan salah satu jenis metode dalam pengembangan perangkat lunak. Biasanya sering disebut dengan SDLC (Software Development Life Cycle). Startup dan perusahaan besar sering menggunakan metode ini dalam pengembangan perangkat lunak. Model Extreme Programming (setelah ini disingkat XP) digunakan karena memiliki keunggulan dalam menyederhanakan berbagai tahapan dalam proses pengembangan menjadi lebih adaptif dan fleksibel. XP tidak hanya berfokus pada pengkodean tetapi mencakup semua bidang pengembangan perangkat lunak, dan XP mengambil pendekatan 'ekstrim' untuk pengembangan berulang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KOMPUTASI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal yang berfokus dibidang Informasi, Teknologi, dan hal keilmuan yang terkait dengan scope. Komputer sains & IT, Pengambilan keputusan, Riset operasi & Manajemen, Electrical Engineering, dan ...