Penelitian ini bermaksud untuk mencari perbedaan pemahaman konsep sistem kendali elektromagnetik pada kelas A dengan penerapan model CTL dan kelas B dengan model PBL menggunakan trainer. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan metode penelitian Certainty of Response Index. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XII TITL SMKN 2 Probolinggo. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman konsep sistem kendali elektromagnetikantara kelas A dengan penerapan model CTL dan kelas B dengan model PBL menggunakan trainer. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: (1) nilai rata-rata, kelas A (79,4) memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas B (73,9); (2) n-gain score, kelas A (0,50) memiliki peningkatan pemahaman konsep lebih tinggi dibandingkan kelas B (0,33); dan (3) ketuntasan pembelajaran, kelas A (85,71%) memiliki ketuntasan pembelajaran lebih tinggi dibandingkan kelas B (68,57%).
Copyrights © 2022