ALINIER: Journal of Artificial Intelligence & Applications
Vol. 3 No. 1 (2022): ALINIER Journal of Artificial Intelligence & Applications

Perbedaan Pemahaman Konsep Sistem Kendali Elektromagnetik Dengan Penerapan CTL dan PBLMenggunakan Trainer pada Siswa SMK

Yohan Ardiansyah (Universitas Negeri Malang)
Yuni Rahmawati (Unknown)
Hari Putranto (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mencari perbedaan pemahaman konsep sistem kendali elektromagnetik pada kelas A dengan penerapan model CTL dan kelas B dengan model PBL menggunakan trainer. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan metode penelitian Certainty of Response Index. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XII TITL SMKN 2 Probolinggo. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman konsep sistem kendali elektromagnetikantara kelas A dengan penerapan model CTL dan kelas B dengan model PBL menggunakan trainer. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu: (1) nilai rata-rata, kelas A (79,4) memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas B (73,9); (2) n-gain score, kelas A (0,50) memiliki peningkatan pemahaman konsep lebih tinggi dibandingkan kelas B (0,33); dan (3) ketuntasan pembelajaran, kelas A (85,71%) memiliki ketuntasan pembelajaran lebih tinggi dibandingkan kelas B (68,57%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alinier

Publisher

Subject

Automotive Engineering Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Every technique that is related to Control, Automation and Artificial Intelligence Starting from a Memorandum of Understanding between Departments/Electrical Engineering Study Programs, Universities/Institutes/Polytechnics are members of Forum Teknik Elektro (FORTEI) Regional VII East Java Required ...