Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik

PENERAPAN PEMBELAJARAN STAD MELALUI VIDEO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK OLEH SISWA

Nadia Anandina Arta (Unknown)
Darlen Sikumbang (Unknown)
Rini Rita T Marpaung (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2013

Abstract

The purpose of this study was know the influence of using learning model STAD through video in increasing activities and material mastery of students class X SMA 7 Bandar Lampung. The study design was pretest-postest non equivalent. X8 and X9 were samples of this study which was chosen by cluster random sampling. The research data were quantitative which was obtained from the average of pretest and posttest analyzed by using t-test or U test. The qualitative was learning activities which obtained from observation sheet and analyzed by index learning activities. The result showed that learning activities of experiment class increased (71.35%). The average of material mastery of students experiment class higher than control class (experiment=80,49; control=77,93). Thus, the conclusion was learning activities and material mastery of pollution area could be improved by using STAD through video.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe STAD melalui media video dalam peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa kelas X SMAN 7 Bandar Lampung. Desain penelitian ini adalah tes awal-tes akhir tak equivalen.  Sampel penelitian adalah siswa kelas X8 dan X9 yang ditetapkan secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis menggunakan uji-t atau uji U. Data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan dianalisis menggunakan indeks aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pada kelas eksperimen mengalami peningkatan (71,35%). Rata-rata penguasaan materi oleh siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (eksperimen = 80,49;  kontrol = 77,93). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD melalui media video berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi Pencemaran Lingkungan oleh siswa. Kata kunci :  aktivitas belajar, media video, penguasaan materi, STAD

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...