The purpose of this study was to determine the student’s mastery of concepts in learning through Two Stay Two Stray (TSTS) model and Gallery Walk (GW) in the subject matter excretion system. The research design was pretest-posttest non-equivalent groups. Samples were students of class XI IPA1 and XI IPA2 randomly selected by cluster  random sampling technique. The quantitative data was N-gain obtained from the average value of pretest and posttest were statistically analyzed using t-test. The qualitative data was obtained from student learning activity. The result of this research proves the activities in express their argument, asking, team work, get improves by N-gain score in TSTS class at 44.51 where as in GW class 36.51. Because of that using a model TSTS gave significant influance in increasing mastery of concept and student learning activity. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaan konsep dalam pembelajaran melalui model Two Stay Two Stray (TSTS) dan Gallery Walk (GW) pada materi pokok sistem ekskresi. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih secara acak dengan tekhnik cluster random sampling. Data kuantitatif  berupa N-gain  diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Data kualitatif  berupa data aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas mengemukakan pendapat, bertanya, bekerjasama, mengalami peningkatan dengan skor N-gain pada kelas TSTS 44,51 sedangkan  pada kelas GW  sebesar 36,51. Dengan demikian penggunaan model TSTS berpengaruh signifikan dalam meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa.Kata kunci : aktivitas siswa, gallery walk, penguasaan konsep, sistem eksresi, two stay two stray
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014