Strategi marketing untuk mendapatkan mahasiswa baru bagi universitas sangat diperlukan. Menargetkan promosi di wilayah paling potensial merupakan salah satu strategi yang efisien dalam mempromosikan kampus. Sehingga mampu memperkecil kerugian-kerugian yang akan terjadi. Salah satu cara untuk mendukung strategi marketing yaitu dengan mengenali pola pendaftar mahasiswa baru dengan data mining. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan data mining dengan algoritma apriori dalam mencari pola pendaftar mahasiswa baru untuk mendukung strategi marketing UBP Karawang. Data yang digunakan adalah data mahasiswa UBP Karawang tahun 2019 dan pengujian menggunakan bahasa pemrograman R. Hasil yang didapat ternyata mahasiswa dari karawang barat yang berjenis sekolah SMK banyak memilih program studi teknik industri dengan support 0,0280% dan confidence 0,9047%. Atau memilih program studi Manajemen dengan support 0,0374% dan confidence 0,6333%. Kemudian sekolah yang paling dominan di wilayah Karawang Barat adalah SMKN 2 Karawang yang banyak memilih program studi manajemen dengan support 0,0128% dan confidence 0,4815%. Peringkat kedua yaitu sekolah SMKN 1 Karawang yang banyak memilih program studi teknik industri dengan support 0,0177 dan confidence 0,3214%. Rules ini bisa dijadikan rekomendasi bagi marketing Universitas Buana Perjuangan Karawang untuk melakukan promosi kampus. Promosi dengan cara menonjolkan program studi teknik industri di sekolah SMKN 1 Karawang dan program studi manajemen di SMKN 2 Karawang.
Copyrights © 2022