This study implemented LSQ strategy which were to find out the influence of the LSQ strategy to the students’ mastery. The design was pretest-postest non-equivalent which used cluster random sampling. The study was held on SMPIT Baitul Muslim at VIIA as control class and VIID as experiment class. N-gain was obtained from pretest and posttest score which was analyzed by using t test and U test (Mann Whitney Test) at SPSS 17. The result of this study showed that the avarage students’ score, which was taught by LSQ, increased from 53,33 to 69,63 which indicated the increase about 16,30%. This study also showed the increase students’ material mastery at the experiment class higher than the control class with average N-gain 33,53 at experiment class confidence rate about 95%.Penelitian ini menggunakan strategi LSQ dalam pembelajaran untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi LSQ terhadap penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini meggunakan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan VIID sebagai kelas eksperimen pada SMPIT Baitul Muslim. Pemilihan sampel secara cluster random sampling. Data penelitian berupa nilai penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari tes awal dan tes akhir, kemudian dicari N-gain dan dianalisis menggunakan uji t dan uji U (Mann Whitney Test) melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas eksperimen sebesar 69,63 meningkat sebanyak 16,30% disbanding rata-rata sebelumnya sebesar 53,33. Pada penelitian ini juga menunjukkan terjadinya peningkatan penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,53 pada taraf kepercayaan sebesar 95%. Kata kunci : ciri-ciri makhluk hidup, learning start with a question, penguasaan materi
Copyrights © 2014