This study described the result of science learning implementation assessment, that is based on 2013 curriculum. Samples of study was teacher who teaches 4thgrade that chosen by purposive sampling. Data has gotten from learning activity observation list that was compares with proccessing standard, sciencetific approach, and tematic integration. The result showed that implementation of 4th grade learning activity had suitability with proccessing standard the average was 68,03% at medium category. suitablewith the sciencetific approach average was 71,5% at high category and tematic integration, average was 68,75% athigh category. Therefore science learning implementation based on 2013 curriculumin Enggal district was medium category.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA kurikulum 2013. Sampel penelitian adalah guru kelas yang mengajar kelas IV yang dipilih secara purposive sampling. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif berupa deskripsi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dibandingkan dengan standar proses, pendekatan saintifik dan tematik integratif. Hasil penelitian menujukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 pada kegiatan pembelajaran kelas IV memilikikesesuaian dengan standar proses dengan presentase skor rata-rata 68,03% berkategori sedang,sesuai dengan pendekatan saintifik dengan persentase skor rata-rata 71,5% berkategori tinggi dan telah sesuai dengan pembelajaran tematik integratifdengan persentase skor rata-rata 68,75% berkategori tinggi. Dari semua data yang didapatkan maka dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 di SD kecamatan Enggal berkategori Sedang.Kata kunci : kurikulum 2013, pembelajaran IPA, pendekatan saintifik, standar proses,tematik integratif
Copyrights © 2015