Tantangan yang dihadapi dalam penerapan CRM di perusahaan operator telekomunikasi seluler adalah usaha menurunkan jumlah pelanggan yang berhenti menggunakan layanan perusahaan dan kemungkinan pindah ke perusahaan kompetitor (Churn). Penelitian untuk mencari solusi atas masalah tersebut dapat dilakukan melalui data mining, Dari beberapa penelitian pada konstalasi penelitian tentang Model Prediksi Loyalitas Pelanggan Telekomunikasi menunjukkan hasil yang baik. State of The Art dari konstalasi ini adalah ditemukannya Model Prediksi Loyalitas Pelanggan Telekomunikasi menggunakan algoritma Backpropagation dengan seleksi fitur PSO dengan nilai akurasi sebesar 85,48%. Hasil akurasi yang didapatkan dirasa kurang maksimal, maka penelitian ini mencoba memperbaiki akurasi model prediksi dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes berbasis Particle Swarm Optimization. Model Prediksi Loyalitas Pelanggan Telekomunikasi yang diusulkan dalam penelitian ini menunjukkan hasil yang baik. Diperoleh nilai akurasi yang lebih tinggi daripada penelitian sebelumnya, yakni nilai accuracy adalah 98,54 % dan nilai AUC adalah 0,99.
Copyrights © 2017