Fasilitas layanan publik pada bidang kesehatan di Indonesia merupakan hal yang diperhatikan oleh pemerintah dan ditunjukkan dengan berkembangnya fasilitas layanan rumah sakit. Salah satu rumah sakit yang telah memiliki sistem pengelolaan yang komprehensif di Kediri adalah Rumah Sakit Graha Sehat Medika. Dengan sistem komprehensif yang dilaksanakan dalam sebuah organisasi muncul iklim komunikasi yang memiliki peran untuk bisa menciptakan kondisi yang kondusif. Tujuan penelitian ini ingin melihat nilai iklim komunikasi sehingga dapat memberikan masukkan hingga tidak terjadi kegagalan komunikasi antar departemen di Rumah Sakit Graha Sehat Medika. Penelitian kali ini akan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan respondennya adalah karyawan aktif Rumah Sakit Graha Medika. Total populasi 98 orang yang juga semuanya menjadi sampling untuk melihat kondisi iklim komunikasi dari rumah sakit tersebut. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan iklim komunikasi Rumah Sakit Graha Sehat Medika memiliki iklim komunikasi yang suportif dengan hasil 3,80. Teknologi komunikasi yang digunakan untuk memfasilitasi komunikasi antar departemen dengan optimal akhirnya melahirkan iklim yang mendukung organisasi untuk berkomunikasi. Kemampuan organisasi memfasilitasi komunikasi antar departemen dan menggunakan teknologi komunikasi dengan optimal menciptakan iklim yang mendukung bagi anggota organisasi untuk berkomunikasi.
Copyrights © 2022