Pembelajaran daring selama pandemi membut anak merasa jenuh. Pada akhirnya anak-anak melakukan mogok atau malas-malasan dalam belajar. Fenomena ini penting dikendalikan oleh orangtua melalui peran aktif mereka ketika anak sedang melakukan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi orangtua dalam mengelola rasa jenuh anak saat pembelajaran daring. Menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologi. Studi yang bermaksud mengkonstruksi tiap temuan lapangan dalam bentuk narasi berupa pengalaman sadar tiap individu yang memiliki masalah yang sama berupa pengalaman dalam menerapkan strategi komunikasi selama mendampingi anak belajar daring. Data lapangan diperoleh melalui teknik wawancara dengan melibatkan tiga informan orang tua siswa Sekolah Dasar di wilayah Sulaksana Kelurahan Cicaheum Kota Bandung. Data hasil wawancara dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan data. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa orang tua sepakat menerapkan beberapa strategi komunikasi meliputi strategi komunikasi bermain, strategi komunikasi interaktif, dan strategi komunikasi koersif. Tiap strategi komunikasi diterapkan sesuai dengan kebutuhan. Kata Kunci: belajar daring, strategi komunikasi, pengalaman komunikasi, jenuh
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022