Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia
Vol 6 No 2 (2022)

PENGETAHUAN DAN PERILAKU SISWA DALAM PENERAPAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DI LABORATORIUM KERJA SMK TARUNA JAYA PRAWIRA TUBAN

Wahyurianto, Yasin (Unknown)
Fioriantika, Barena Andyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Pengetahuan merupakan salah satu faktor penting dalam manusia untuk melakukan tindakan. Dari hasil survey awal masih ada siswa yang memiliki pengetahuan kurang serta perilaku rendah tentang penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Laboratorium kerja. Hal ini disebabkan perilaku atau kebiasaan siswa yang dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang baik sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dilaboratorium kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan perilaku siswa dalam penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Laboratorium Kerja SMK Taruna Jaya Prawira TubanPenelitian ini menggunakan metode Analitik Kolerasi, dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang diambil adalah siswa kelas 11 Pengelasan A dan 11 Pengelasan B di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban dengan jumlah populasi  63 dan sampel 54 responden. Teknik pengambilan yaitu menggunakan system purposive sampling. Variable indepen yaitu pengetahuan siswa, variable dependen yaitu perilaku. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisa dengan uji Spearman Rank Correlation.Hasil penelitian menunjukan bahwa uji Spearman Rank Correlation didapatkan p<0,05 dengan jumlah 54 responden, berarti ada hubungan pengetahuan dengan perilaku siswa dalam penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang mempunyai kemaknaan signifikan dengan koefisien kolerasi +447 yang memiliki hubungan sedang.Pengetahuan siswa sangat berpengaruh terhadap tindakan yang dilakukan, salah satunya perilaku dalam penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Maka dari itu semakin baik pengetahuan siswa maka akan berdampak baik pula pada tindakan yang dilakukan, dengan cara menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan siswa yaitu dengan melakukan program penyeluruhan dan adanya mata pelajaran Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), serta memberikan motivasi serta memberikan pengawasan dari guru pada siswa, agar senantiasa patuh dalam penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada setiap tindakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di masing-masing laboratorium sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Gantari

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada Masyarakat luas, situs Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal ...