salah satu upaya dalam meningkatkan citra rumah sakit yaitu dengan pelayanan yang baik. Tidak hanya pelayanan keperawatan tetapi pelayanan terhadap linen yang dibutuhkan pasien menjadi salah satu faktor penting, kualitas linen yang baik akan memberikan kepuasan pada pasien sehingga citra rumah sakit akan semakin baik. Untuk mendapat hasil linen yang baik harus ditunjang pula dari sarana prasarana pengelolaan linen yang memadai, personal hygiene dan ketersediaan dan penggunaan APD pada petugas linen. Di Rumah Sakit Azra Bogor masih terdapat beberapa sarana prasarana yaang belum terpenuhi, salah satunya tidak tersedia kamar mandi di unit laundry dan penggunan mesin cuci infeksius untuk mencuci linen non-infeksius. Metode: penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan. Metode yang digunakan dalam pengambilan data dengan menggunakan lembar checklist dan juga observasi secara langsung mengenai pengelolaan linen, sarana prasarana, personal hygiene serta ketersediaan dan penggunaan APD. Hasil: ketersediaan sarana prasarana ada beberapa yang belum tersedia seperti: kamar mandi, ruang dekontaminasi trolly, ruang penyimpanan trolly bersih, ruang khusus istirahat petugas, meja penerimaan linen infeksius dan non-infeksius. Dalam proses pengeringan masih terdapat linen yang belum kering sempurna, penggunaan mesin cuci infeksius untuk mencuci linen non-infeksius.Saran: untuk proses pengeringan lebih memperhatikan jumlah linen dengan kapasitas mesin pengering sehingga linen yang dihasilkan dapat kering dengan sempurna. Menyediakan sarana prasarana WC/ kamar mandi, ruang khusus istirahat petugas, meja penerimaan linen infeksius dan non-infeksius dan ruang penyimpanan trolly karena fasilitas diatas masih belum tersedia di Rumah Sakit Azra Bogor.
Copyrights © 2021