JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM MANAGEMENT (JOISM)
Vol. 4 No. 1 (2022): Juni

RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF ALFABET MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC): STUDI KASUS : TK TUNAS RIMBA BALAPULANG

Andrianu Agung Nugroho (Universitas Amikom Purwokerto)
Dwi Krisbiantoro (Universitas Amikom Purwokerto)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2022

Abstract

Multimedia pembelajaran interaktif dapat dijadikan sebuah metode pembelajaran yang dapat membantu dunia pendidikan salah satunya pengenalan huruf alfabet untuk memberikan inovasi dan pengalaman terhadap anak untuk mengenal huruf. Penelitian ini dilaksanakan di TK Tunas Rimba Balapulang yang bertujuan untuk menghasilkan suatu aplikasi pengenalan huruf alfabet berbasis android menggunkan software adobe unity yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka, dokumentasi, dan kuisioner. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu keberhasilan dalam uji coba pembuatan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif pengenalan huruf alfabet berbasis android yang dibuat menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran ini sudah dilakukan uji coba. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan pengujian Alpha dan pengujian Beta, dalam pengujian Alpha menunjukan hasil tampilan materi dapat menampilkan visualisasi gambar yang sesuai dengan materi dan hasil dari perhitungan skala Likert dalam pengujuan Beta yang diperoleh 95,71% yang termasuk kategori baik. Kata kunci: Media pembelajaran, Unity, Pengenalan huruf alfabet, Android.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joism

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Information System Management (JOISM) is a peer-reviewed journal published in January and June by Informatics Management Study Program, Universitas Amikom Yogyakarta. The JOISM have scopes or research areas but are not limited to : Information Technology, Information System, E-Business / ...