Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja room attendant dalam meningkatkan pelayanan housekeeping department di JW Marriott Hotel Surabaya, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh room attendant, serta solusi untuk menangani daripada kendala tersebut. Teknik pengumpulan data didapat melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menjelaskan mengenai pengaruh kinerja room attendant dalam meningkatkan pelayanan housekeeping department di JW Marriott Hotel Surabaya, baik kendala maupun solusi untuk room attendant. Berdasarkan hasil penelitian, untuk meningkatkan kinerja petugas room attendant selalu melakukan pelatihan, coaching, hingga belajar bersama dengan senior yang sudah berkompeten pada bidangnya. Serta kendala yang dihadapi yaitu kekurangan linen parstock, equipment kamar yang bermasalah, serta ketersediaan chemical yang terkadang tidak ada. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kinerja room attendant dapat mempengaruhi kepuasan pelayanan pada tamu yang menginap.
Copyrights © 2021