Penelitian ini menggambarkan strategi komunikasi Humas pada akun Instagram @museumpenerangan dalam mendukung interaktivitas Museum Penerangan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Sehingga nantinya pembaca dari penelitian ini dapat mengetahui strategi yang digunakan pada media sosial khususnya Instagram sebagai penunjang berlangsungnya kegiatan interaktivitas dalam membagikan sebuah informasi kepada masyarakat. Adapun yang melatarbelakangi penulis tertarik untuk membuat skripsi ini didasarkan pada hasil pengamatan dan wawancara awal yang penulis lakukan dengan staf publikasi Museum Penerangan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, dimana dengan memanfaatkan media sosial khususnya Instagram sebagai salah satu alat dalam menjalankan strategi kehumasan maupun promosi kepada khalayak luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Dan penelitian ini menekankan pada observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi sebagai upaya dalam menggali data bagi penelitian ini. Serta menggunakan metodologi studi kasus sebagai metode pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Push, suatu upaya mendorong pergerakan Museum melalui pemberian giveaway. Strategi Pull berarti menarik perhatian konsumen melalui kegiatan promosi yang intens, seperti tampilan Instagram yang menarik, dari segi postingan, caption hingga Q&A. Serta Strategi Pass, strategi ini digunakan untuk menjangkau konsumen yang makin kebal terhadap iklan. Berdasarkan hasil Analisa dan pembahasan, maka penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut : alangkah lebih baik jika personil pada tim penyusun dokumentasi dan publikasi Museum Penerangan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta ditambah. Hal ini dilakukan agar dalam menjalankan akun media sosial yang telah dimiliki oleh Museum Penerangan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta akan lebih efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023