Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2022): Edisi Juni

Pemanfaatan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo

Danty Aulia Rachmawati (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Panglima Revandityo Shije (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Kintan Septarina Fatwa (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Wildan Armansyah (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Dr. Gde Oka Warmana, SE, MM (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Wahyu Helmy Dimayanti Sukiswo, S.A., M.A (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah mempunyai peranan yang cukup besar bagi kesejahteraan masyarakat. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh sektor UMKM saat ini adalah adanya perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi yang membuat pola pemasaran berubah dengan sangat cepat. Desa Sumberbendo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur yang memiliki potensi sektor UMKM yang cukup banyak. Walaupun beberapa sektor UMKM tersebut telah berhasil memasarkan produknya kepada masyarakat, namun terdapat permasalahan atau kendala yang dihadapi oleh beberapa UMKM tersebut. Permasalahan atau kendala yang dialami rata-rata adalah terkait pemasaran digital (digital marketing). Digital marketing atau pemasaran digital merupakan kegiatan untuk mempromosikan produk dan atau jasa dengan menggunakan media elektronik. Tujuan kegiatan ini agar pelaku UMKM yang ada di Desa Sumberbendo dapat memahami dan mengimplementasikan pemanfaatan teknologi melalui digital marketing. Dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, metode yang digunakan yaitu pemberian sosialisasi atau materi, pelatihan, serta pelaksanaan pendampingan terkait digital marketing. Kegiatan yang dilaksanakan telah mampu meningkatkan kemampuan mitra dalam melakukan pemasaran. Hasil dari implmentasi digital marketing baik berupa  e-commerce atau social media memiliki manfaat jangka panjang bagi mitra. Selain itu, melalui pemanfaatan digital marketing sebagai media pemasaran produk yang dihasilkan dapat dikenal lebih banyak orang dan berpeluang lebih besar untuk memperluas pasar yang telah ada.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

karyaunggul

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

KARYA UNGGUL - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang berisi tentang publikasi hasil Pengabdian kepada Masyarakat. KARYA UNGGUL - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diterbitkan oleh LPPM Akademi Teknik Deli Serdang. KARYA UNGGUL - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit 2 ...