Pendidikan keperawatan merupakan kunci untuk menyediakan kualitas dan standar pelayanan keperawatan yang tinggi secara konsisten. Metode pendidikan konvensional menggunakan kadaver dalam jumlah yang terbatas dan spesimen yang harus berada di laboratorium, ditambah dengan penerapan pembelajaran daring karena pandemi global Covid-19 menjadikan materi pembelajaran anatomi yang kompleks selalu menjadi hal yang sulit bagi mahasiswa. Salah satu pendekatan untuk meningkatkan pengalaman pendidikan dan menjadi investasi menarik adalah penggunaan teknologi baru berupa pencetakan model khusus 3D (3D Printing) yang dapat memberikan visualisasi detail dari variasi anatomi sehingga mudah diidentifikasi. Literature review ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teknologi 3D printing dalam mendukung proses pembelajaran dan hasil yang terkait dengan teknologi 3D printing dari perspektif pendidikan. Studi ini mengidentifikasi 10 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Ada beberapa konteks pedagogis, termasuk materi pembelajaran anatomi. Semua kategori berkaitan dengan hasil belajar yang positif dan mendukung proses pembelajaran. Hasil belajar yang positif berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, persepsi dan emosi siswa. Hal ini membawa sikap yang lebih positif dan memungkinkan partisipasi aktif mahasiswa selama proses pembelajaran. Temuan ini menggambarkan berbagai penggunaan teknologi 3D printing yang dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pendidikan termasuk pada bidang pendidikan keperawatan.
Copyrights © 2022