Kota Payakumbuh merupakan kota penghasil terbanyak jenis makanan tradisional yang berada di Sumatera Barat yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan dikenal masyarakat global namun kenyataannya dalam pemasaran cenderung bersifat pasif sehingga usaha yang dijalankan tidak maksimal dan terkadang mengalami kerugian yang cukup besar.Tujuan penelitian ini adalah membantu Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang tergabung dalam satu sistem berupa e-commerce untuk menciptakan saluran distribusi baru yang bisa menjangkau lebih banyak pembeli yang diintegrasikan Geographic Information System (GIS) dan Sms Gateway sehingga membantu pembeli maupun wisatawan untuk menemukan lokasi penjualan dengan peta interaktif dan memudahkan produsen berbagi informasi kepada pembeli tentang produk baik berupa promosi,diskon atau transaksi serta pembeli juga bisa efisien dan efektif baik dri segi waktu dan biaya.Metode yang digunakan adalah metode Customer Relationship Managent (CRM) yang merupakan strategi dalam meningkatkan kepuasan pembeli.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017