Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bola voli melalui penerapan model NHT pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini tergolong PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Kecantikan yang berjumlah 36 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data observasi awal aktivitas belajar bola voli secara klasikal sebesar 33,33 (cukup aktif), setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 61,11 (aktif) dan meningkat menjadi 100 (aktif) pada siklus II. Analisis data ketuntasan hasil belajar pada observasi awal sebesar 27,78%, setelah diberi tindakan pada siklus I meningkat menjadi 38,89% dan meningkat menjadi 100 % pada siklus II.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar bola voli meningkat melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 2 Singaraja dan hasil belajar bola voli.
Copyrights © 2020