Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gianyar di kelas VII G yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Agama Hindu masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VII G di SMP Negeri 2 Gianyar pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media powerpoint. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya hanya mencapai rata-rata 68,05 dan ketuntasan belajar 30,55%, pada siklus I meningkat menjadi 74,86 dengan ketuntasan belajar 72,22% dan pada Siklus II meningkat menjadi 81,94 dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media powerpoint dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Gianyar pada semester II tahun pelajaran 2018/2019
Copyrights © 2020