Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2020): Mei

Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dengan Media Audio Visual

Suantari, Ni Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas VIII A SMP melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media audio visual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP yang berjumlah 34 orang dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Data tentang prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instrumanya yaitu berupa tes prestasi belajar. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas VIII A SMP pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Skor rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas prestasi belajar pada awal pembelajaran hanya mencapai 66,76, siklus I meningkat menjadi 73,82 pada siklus II menjadi 83,82. Ketuntasan klaksikal awal hanya mencapai 38,23%, pada siklus I meningkat menjadi 67,64% dan pada siklus II menjadi 94,11%.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...