Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2020): Mei

Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Wijendra, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Payangan di kelas VII B yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Bahasa Indonesia cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas VII B ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 66,40, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 71,87 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 81,71. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Payangan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...