Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2020): Mei

Penggunaan Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn

Wirata Wiyadnyana, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Tujuan melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI pada semester II. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 4 Sidan. Cara yang dilakukan adalah menambah gaya pembelajaran lama yang konvensional menjadi cara pembelajaran baru yang bersifat penemuan menggunakan Metode Pembelajaran Learning starts with a question. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data hasil penelitian digunakan tes prestasi belajar dan untuk menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakkukan terjadi peningkatan dari data awal dengan rata-rata 69.75, ketuntasan belajar 35%. Pada siklus I rata-ratanya 74,75 meningkat menjadi 81,5 pada siklus II dengan ketuntasan belajar 100%. Dengan demikian dapat disampaikan simpulan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Learning starts with a question dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas VI SD Negeri 4 Sidan Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...