Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 1 No. 3 (2020): September

Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn pada Siswa

Sekariani, Ni Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran discovery pada siswa kelas VII semester I SMP Negeri 2 Payangan tahun ajaran 2019/2020. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payangan tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi/observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode tes dengan instumennya berupa hasil tes belajar.  Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kompetensi pengetahuan siswa. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar adalah 75,58 dengan persentase ketuntasan 64,7 % dari 32 siswa. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata hasil belajar 83,53 dan persentase ketuntasan 88,2% dari 32 siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII semester I SMP Negeri 2 Payangan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...