Tujuan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bangli pada kelas XII TKJ 2 Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Permainan Sepak Bola siswa kelas XII TKJ 2 Semester I SMK Negeri 1 Bangli. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi untuk mengevaluasi tingkat keterlibatan peserta disik secara mental dan tes prestasi belajar yang digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian keterampilan yang dicapai peserta didik dalam proses pembelajaran. Untuk memaknai data hasil penelitian, data yang telah diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan menyajikan rata-rata, modus, median, dan prosentase ketuntasan belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Permainan Sepak Bola. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya rata-rata 69,00 dengan prosentase ketuntasan belajar 36,11%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I prestasi belajar anak mengalami peningkatan menjadi rata-rata 74,16, dengan ketuntasan belajar 73,33% Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi rata-rata 79,33 dengan ketuntasan belajar mencapai 93,33%. Hasil yang diperoleh pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga penelitian tidak dilanjutkan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Permainan Sepak Bola siswa kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 1 Bangli
Copyrights © 2020