Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2021): Januari

Pengembangan Instrumen Pengukuran Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Andayana, I Komang Agus (Unknown)
Margunayasa, I Gede (Unknown)
Yudiana, Kadek (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2021

Abstract

Motivasi belajar peserta didik cenderung rendah. Hal ini disebabkan karena siswa menganggap bahwa pembelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa tidak semua guru mengetahui tingkat motivasi belajar siswa, sehingg guru cenderung telat untuk memberikan penanganan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni dengan mengembangkan sebuah instrument penilaian motivasi belajar matematika dengan tujuan untuk mengembangkan instrumen motivasi belajar matematika untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dan mengetahui validitas serta reliabilitas instrumen motivasi belajar matematika. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model 4D yaitu define, design, develop & disseminate. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 2 orang dosen dan 2 orang guru sekolah dasar. Analisis validitas instrument menggunakan rumus CVR dan CVI. Uji reliabiltas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat 6 butir soal yang memiliki nilai CVR=0,50 yang dinyatakan tidak valid atau perlu revisi, dan 42 butir soal dinyatakan valid. Hasil uji validitas instrument menunjukkan bahwa CVI = 0,94 dinyatakan istimewa dan reliabilitas instrument ini adalah 0,960 dengan kategori sangat tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa instrument penelitian motivasi belajar matematika siswa berada dalam kategori valid dan layak untuk dikembangkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...