Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2021): Mei

Korelasi Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika

Yanti, Ni Kadek Kusmira (Unknown)
Suarjana, I Made (Unknown)
Astawan, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Matematika adalah salah satu pelajaran yang sangat penting diajarkan kepada siswa. Namun dalam masa pandemi Covid19 ini sistem pendidikan menerapkan pembelajaran daring yang mana segala proses pembelajaran dilakukan dirumah dengan bantuan jaringan dan teknologi, sehingga peran orang tua dalam proses belajar anak dirumah sangat berpengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan yang signifikan antara pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring dengan hasil belajar Matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian expost-facto. Populasi penelitian yang digunakan sebanyak 329 orang tua siswa, sedangkan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 122 orang tua siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode non tes berupa kuesioner, studi dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan analisis uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji liniearitas. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh terdapat korelasi antara pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar Matematika dengan rxy = 0,674 dengan kontribusi sebesar 56,8% dan sisanya sebesar 43,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai rhitung>rtabel pada taraf signifikansi 5% = 0,176. Maka dari itu, H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring dengan hasil belajar Matematika siswa di kelas VI SD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...