Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2021): Mei

Media Aplikasi Pembelajaran Matematika dengan Teori Belajar Ausubel Pada Materi KPK dan FPB

Utami, Ni Putu Sri (Unknown)
Agustika, Gusti Ngurah Sastra (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan kesulitan guru dalam mengembangkan media pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, serta mengetahui validitas media aplikasi pembelajaran matematika berorientasi teori belajar ausubel materi KPK dan FPB. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian yang digunakan yaitu para ahli dan siswa. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode non tes dengan instrument berupa kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan iniberupa rancang bangun mediaaplikasi pembelajaran matematika berorientasi teori belajar ausubel materi KPK dan FPB dibuat berdasarkan tahapan model ADDIE yang terdiri dari (a) tahap Analyze, (b) tahap Design, (c) tahap Development, (d) tahap Implementation, (e) tahap Evaluation. Media aplikasi pembelajaran matematika berorientasi teori belajar ausubel materi KPK dan FPB dikatakan layak didasari oleh penilaian yang dilakukan oleh para ahli dan siswa.  Hasil penilaian ahli isi mata pelajaran sebesar 86,36% dengan kualifikasi baik, hasil penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli media pembelajaran sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba perorangan sebesar 93,70% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil uji coba kelompok kecil sebesar 92,86% dengan kualifiikasi sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan aplikasi pembelajaran matematika berorientasi teori belajar ausubel materi KPK dan FPB layak digunakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...