Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 2 No. 3 (2021): September

Tingkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Berbagai Pekerjaan Kelas IV Dengan Menggunakan Media Video Animasi

Karma Yasa, Yogi (Unknown)
Ndara Tanggu Renda (Unknown)
I Nyoman Laba Jayanta (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kuaranganya media pembelajran inovatif di sekolah yang menyebabkan guru jarang menggunakan media sehingga pembelajaran menjadi monoton. Hal tersebut berdampak pada siswa dimana minat belajar siswa menuruh sehingga hasil belajar siswa pun ikut menurun. Penelitian ini bertujuan untuk  menghasilkan rancang bangun media video animasi pada muatan pembelajaran IPS tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV Sekolah Dasar yang telah teruji validitas isi dan kepraktisannya. Pada penelitian pengembangan ini dikembangkan sebuah video animasi yang bermuatan pembelajaran IPS. Penelitian pengembangan ini berpedoman pada prosedur ADDIE. Subjek dari penelitian pengembangan ini yaitu 2 orang untuk ahli materi,, 2 orang untuk ahli media dan desain, 2 orang guru untuk uji praktisi, 15 orang siswa sebagai respon. Metode pengumpulan data dari penelitian pengembangan ini yaitu metode wawancara dan instrumen yang digunakan berupa rating scale dengan menggunakan skala 5. Hasil penelitian pengembangan ini dianalisis menggunakan rumus Mean untuk mendapatkan rata-rata skor dari data yang diperoleh. Skor validasi video pembelajaran animasi ahli materi 4,6 dengan kualifikasi “sangat baik”, ahli media 4,6 dengan kualifikasi “sangat baik”, ahli desain 4,6 dengan kualifikasi “sangat baik”, uji praktisi 4,8 dengan kualifikasi “sangat baik” dan respon siswa 4,7 dengan kualifikasi “sangat baik”. Oleh karena itu video animasi pada tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV SD dikualifikasikan “sangat baik”. Sehingga dari analisis video animasi pada muatan pembelajaran IPS Tema 4 berbagai pekerjaan yang melalui uji coba dari beberapa ahli dapat dinyatakan Valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...