Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMP yang memperoleh pembelajaran menggunakan model problem based learning. Hal ini sejalan dengan adanya permasalahan yaitu masih rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa SMP, tapi pada kenyataannya kemampuan koneksi matematis sangat penting dimiliki siswa untuk menentukan keberhasilan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest-posstest control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu SMP Kabupaten Karawang. Pengambilan sampel dengan menggunakan simple randomsampling, dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII Aceh (kelas eksperimen) yang menggunakan model problem based learning berjumlah 25 siswa, sedangkan kelas VII DIY (kelas kontrol) yang menggunakan pembelajaran biasa berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan koneksi matematis. Kedua kelas tersebut diberikan pretest, treatment dan posttest dengan soal yang sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model problem based learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Hal tersebut juga dapat terlihat bahwa pembelajaran dengan model problem based learning sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis.Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Problem Based Learning
Copyrights © 2021