Karya tulis ini adalah hasil observasi yang telah dilakukan di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Telukjambe Timur yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan alat peraga LDG’S dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi deret geometri tak hingga dengan rasio setengah. Teknik observasi berupa pengamatan langsung dengan cara mempresentasikan alat peraga LDG’S untuk menyelesaikan permasalahan matematika berupa soal cerita berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi deret geometri tak hingga. Hasil observasi menunjukkan: implementasi penggunaan alat peraga LDG’S dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi deret geometri tak hingga dengan rasio setengah berhasil dilakukan pada kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Telukjambe Timur dengan rincian (1) siswa dapat mengerjakan soal cerita berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis pada deret geometri tak hingga lebih efektif dengan menggunakan alat peraga LDG’S; (2) lebih banyak siswa yang antusias mencoba mengerjakan soal dengan bantuan alat peraga LDG’S; dan (3) sedikitnya siswa yang antusias mencoba mengerjakan soal secara manual.
Copyrights © 2021